Senin, 08 Oktober 2012

ANTI KORUPSI DI MULAI DARI USIA DINI


Banyak cara untuk menanamkan sifat-sifat anti korupsi kepada anak-anak. Salah satunya terdapat di SMP Kanisus Kudus yaitu dengan membuat Warung Kejujuran, yang dimaskud dengan warung kejujuran ialah suatu warung atau koperasi sekolah yang didalamnya terdapat alat-alat tulis, tetapi ada yang berbeda dengan Warung Kejujuran ini jika dibandingkan dengan warung-warung yang lain, perbedaannya adalah tidak ada penjaga atau kasir di warung kejujuran ini, jadi apabila murid ingin membeli alat tulis, mereka akan bertransaksi sendiri. Maksud dari bertransaksi sendiri adalah murid akan mencatat apa saja yang dibeli dan pembayarannya dimasukan ke sebuah kotak,tetapi pembayaran ini juga boleh dilakukan dengan sistem kredit atau hutang. Tidak hanya Karung kejujuran saja yang ada di SMP Kanisus Kudus, ada pula yang namanya Telephone Kejujuran dan permainan Ular Tangga anti Korupsi.
Dan ada juga yang namanya kios pom bensin kejujuran 24 jam “insyaallah masuk surga” yang juga tidak ada penjaganya dengan kata lain pembeli harus mengisi sendiri kendaraan mereka dengan bensin yang sudah di sediakan. Kios pom bensis ini dimiliki oleh seorang tukang becak yang ingin menerapkan sifat Jujur di ligkungannya. Di dalam kios ini terdapat macam-macam harga bensin, misalnya ada yang Rp 1000, Rp 2000, Rp 3000 dan sebagainya, harga-harga tersebut di tujukan untuk mereka yang tidak mempunyai cukup uang. Penjualan bensin dengan cara ini juga ada kendalanya, salah satunya adalah banyak pembeli yang tidak membayar ( dikarenakan tidak ada penjaganya ), lalu ada juga botol yang hilang. Tetapi dengan berjalannya waktu, kendala seperti itu sudah hilang dan saat ini kios pom bensin sudah mendapatkan hasilnya dan mendapatkan keuntungan.
Lalu ada seorang bocah SMP, bernama Fahma Waluya Rosmansyah yang dapat membuat sebuah game elektronik bukan hanya satu tetapi lebih dari sepuluh game. Dan salah satu game yang dibuatnya di beri nama “RAID the RATS”, yang didalamnya ada unsur-unsur Korupsi.
Kemudian ada sebuah situs yang didalamnya terdapat jenis-jenis korupsi yang dilakukan di Indonesia atau di luar negeri, bahkan biodata lengkap pelaku korupsi itu sendiri ada dalam situs ini. Situs tersebut adalah http://korupedia.org/.
Ada juga sebuah film tentang korupsi, film tersebut berjudul “ KITA VS KORUPSI”. Film ini ialah kumpulan-kumpulan film pendek yang di jadikan satu. Diantaranya film pendek tersebut yang berjudul  “Rumah Perkara “, bercerita tentang seorang lurah yang menghianati rakyat di desanya dengan melakukan korupsi . Film yang ke dua berjudul  “Aku Padamu”, yang bercerita tentang sepasang kekasih yang ingin menikah dengan cara membuat surat-surat nikah melalui oknum yang tidak bertanggungjawab. Dan film ketiga berjudul “Selamat siang Risa “ bercerita tentang seorang kepala gudang yang memiliki sifat tegas dan anti korupsi. Dan film ke empat berjudul “pssst,jangan bilang siapa-siapa “, bercerita ada seorang siswi yang menelusuri tindakan korupsi di linkungannya.

Analisis dari bacaan diatas adalah “ Banyak cara untuk menanamkan sifat anti korupsi kepada anak-anak, dan sifat anti korupsi harus di budayakan sejak kita masih kecil.“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar